TUJUAN
Menghasilkan lulusan yang memiliki kualifikasi dan kompetensi sebagai calon tenaga kerja yang unggul dalam bidang Jasa Akomodasi Perhotelan dan memiliki daya saing di era global sehingga mampu terserap di dunia kerja dan membantu program pemerintah untuk mengurangi pengangguran serta mampu bersaing dalam mendapatkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi seperti:
1. Associate Degree ( Diploma)
2. Bachelor Degree (Sarjana/S1)
KOMPETENSI / PROSPEK LULUSAN
Membantu siswa untuk memiliki pengetahuan dan ketrampilan
perhotelan, khususnya bidang Front Office dan Housekeeping. Lulusan diharapkan
dapat berkerja di hotel, kapal pesiar, restaurant, laundry dan industri
sejenisnya, serta berwirausaha di bidang tersebut.
Lulusan jurusan perhotelan dipersiapkan untuk menjadi tenaga
perhotelan yang memiliki pengetahuan dan keterampilan bidang perhotelan dalam semua
departemen hotel dengan ditunjang oleh sikap dan kepribadian sebagai seorang
pelaksana hotel yang professional.
Sehingga para lulusan dari jurusan Akomodasi Perhotelan akan
dapat bekerja dengan terampil sesuai dengan ilmu yang diberikan di bangku sekolah
dan di dunia industri ketika melaksanakan Pendidikan Sistem Ganda (PSG).
KOMPETENSI YANG DIDAPATKAN OLEH JURUSAN AKOMODASI PERHOTELAN
SMKN 60 JAKARTA
FRONT OFFICE
Front Office merupakan departemen yang ada pada suatu hotel yen
bertugas untuk menangani reservasi/ pemesanan kamar, menangani kedatangan
(check in) dan keberangkatan tamu (check out), memberikan informasi kepada tamu
dan menangani barang bawaan tamu ketika akan check in, saat berada di hotel dan
saatk check out.
Kompetensi yang didapatkan siswa dari Mata Pelajaran Front
Office di SMKN 60 JAKARTA adalah:
1. Menangani proses reservasi (pemesanan
kamar) baik melalui Telepon, Walk In, Facsimile, Travel Agent, & Email.
2. Menangani tamu yang check in dan check out
serta menangani barang bawaan tamu
3. Telepon Operator yang didalamnya terdapat
aturan dalam bertelepon (Telephone Courtesy)
4. Surat menyurat meliputi Confirmation
Letter, Agreement Letter, Cancelation Letter & Etc
Dalam Mata pelajaran Front Office terdapat 5 unsur pokok
keahlian yaitu:
· Reservasi
· Reception
· Telephone Operator
· Porter/ Uniform Service
· Klerikal/Surat Menyurat
HOUSEKEEPING
Housekeeping merupakan salah satu departemen yang ada di hotel
yang bertugas menangani kebersihan kamar hotel, publc area dan area sekitar
hotel termasuk taman yang ada di hotel. Kompetensi yang akan didapatkan siswa
dari Mata pelajaran Housekeeping di SMKN 60 JAKARTA adalah:
1. Membersihkan kamar hotel yang termasuk di
dalamnya making bed, dan teknik membersihkan kamar dengan benar
2. Laundry ( layanan mencuci pakaian tamu di
hotel)
3. Vallet Parking
4. Public Area (membersihkan area publik yang
ada di hotel seperti lobby, garden dan pool)
5. Handling Bunquet
Dalam Mata Pelajaran Housekeeping terdapat 5 unsur pokok:
· Membersihkan lokasi area dan
peralatan
· Menyiapkan kamar untuk tamu
· Laundry
· Vallet parking
· Handling Bunquet
TUJUAN
Kompetensi keahlian Kuliner,merupakan
salah satu kompetensi yang bergerak untuk pelayanan makanan dan minuman,dimana
kompetensi ini berawal dari proses Kuliner guna mempersiapkan makanan hingga
mengemas makanan,kemudian dilanjutkan ke tahap kuliner sebagai layanan penjualan
produk makanan dan minuman, keahlian ini selain menghasilkan lulusan yang
memiliki kualifikasi dan kompetensi sebagai calon tenaga kerja yang unggul
dalam bidang Kuliner juga memiliki daya saing di era global sehingga
mampu terserap di dunia kerja dan membantu program pemerintah untuk mengurangi
pengangguran serta dapat bersaing dalam mendapatkan pendidikan ke jenjang yang
lebih tinggi seperti:
1. Associate Degree ( Diploma)
2. Bachelor Degree (Sarjana/S1)
KOMPETENSI / PROSPEK LULUSAN
Membantu siswa untuk memiliki
pengetahuan dan ketrampilan pengolahan makanan dan minuman, khususnya bidang
Food Production dan Food and Baverage service. Lulusan dengan kompetensi
keahlian Kuliner selain bisa bekerja di dunia Pariwisata juga bisa menjadi
seorang Enterpreneurship dengan memproduksi makanan sendiri baik untuk industri
rumah tangga maupun industri makanan yang lebih besar yang memiliki pengetahuan
dan keterampilan dibidang kuliner, dengan ditunjang oleh sikap dan kepribadian
sebagai seorang pelaksana hotel dan industri yang professional.
Sehingga para lulusan dari
jurusan Kuliner akan dapat bekerja dengan terampil sesuai dengan ilmu yang
didapatkan di bangku sekolah dan di dunia industri ketika mereka melaksanakan
Pendidikan Sistem Ganda (PSG).
KOMPETENSI YANG DIDAPATKAN OLEH
JURUSAN KULINER SMK N 60 JAKARTA
Food Production
Food Froduction merupakan
departemen yang ada pada suatu hotel atau restauran yang bertugas
mempersiapkan,mengolah dan mengkemas makanan dan minuman yang bisa
dikomersialkan. Kompetensi yang didapatkan siswa dari Mata Pelajaran Food
Production di SMKN 60 JAKARTA adalah:
1. Food Planing yaitu suatu mata
pelajaran yang memiliki kompetensi dasar di bidang peralatan dapur,pengetahuan
bahan makanan ,metode memasak serta kandungan gizi yang terdapat pada bahan
makanan dan pengetahuan menu
2. Continental Food
yaitu suatu mata pelajaran yang berisi kompetensi pengolahan makanan asia dan
eropa mulai dari Appetizer,soup, main course dan dessert.
3. Pengolahan makanan
Indonesia yaitu suatu mata pelajaran yang berisi kompetensi mengolah makanan
Nusantara dari berbagai daerah di Indonesia
4. Mengolah makanan kesempatan
khusus yaitu suatu mata pelajaran yang berisi kompetensi menyiapan makanan dan
minuman dalam berbagai kesempatanatau acara khusus dengan tema tertentu dan
juga menghias kue ( Cake Decoration) Pengetahuan minuman Alkohol dan Non
alkohol serta pelayanan minuman di Bar
5. Pengelolaan Usaha Kuliner
yaitu suatu mata pelajaran yang berisi kompetensi tentang cara mengelola usaha
mulai dari perencanaan alat dan bahan,pengolahan makanan dan minuman,menghitung
laba,pengkemasan sampai pemasaran produk dengan tujuan untuk mempersiapkan
siswa berwirausaha
Food and Baverages Service
Food and baverages service
merupakan salah satu mata pelajaran yang berisi kompetensi dasar tentang
penataan dan pelayanan makanan dan minuman mulai dari Restaurant equipment,
macam-macam Table set up,macam-macam type pelayanan makanaan dan minuman serta
pramusaji
TUJUAN
Menghasilkan lulusan yang memiliki kualifikasi dan kompetensi
sebagai calon tenaga kerja yang unggul dalam bidang Jasa Akomodasi
Perhotelan dan memiliki daya saing di era global sehingga mampu terserap
di dunia kerja dan membantu program pemerintah untuk mengurangi pengangguran
serta mampu bersaing dalam mendapatkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi
seperti:
1. Associate Degree ( Diploma)
2. Bachelor Degree (Sarjana/S1)
KOMPETENSI YANG DIDAPATKAN OLEH
JURUSAN USAHA LAYANAN PARIWISATA SMK N 60 JAKARTA
Melaksanakan pekerjaan di lingkup
penguasaan proses dan penerbitan tiket perjalanan domestik dan internasional.
Melaksanakan perencaaan
perjalanan dan progarm wisata, serta kemampuan pemanduan wisata
Kompetensi yang didapatkan siswa
dari Mata Pelajaran Kepariwisataan di SMKN 60 JAKARTA adalah:
1. Menerima dan memproses
reservasi sesuai permintaan pelanggan
2. Menghitung harga tiket
penerbangan domestik dan internasional sesuai ketentuan IATA
3. Menerbitkan tiket
penerbangan domestik dan internasional secara manual maupun komputerisasi
sesuai ketentuan IATA
4. Mengurus dokumen
perjalanan lain, seperti : visa, pasport, pta dan lain-lain
5. Melaksanakan tugas
sebagai pemandu wisata pada perjalanan wisata
6. Melaksanakan tugas
sebagai pemandu wisata di obyek/atraksi wisata
7. Melaksanakan layanan
transfer in dan out
8. Menghitung harga paket
perjalanan wisata
9. Menyelenggarakan
kegiatan perjalanan wisata
10.Menjual produk pariwisata
Usaha Layanan Pariwisata adalah
kompetensi keahlian dibawah program studi keahlian pariwisata yang menekankan
keahlian pada bidang pengelolaan perjalanan wisata, pemandu wisata, maupun
layanan kehumasan. Kompetensi keahlian Usaha Layanan Pariwisata,
menyiapkan peserta didik untuk bekerja pada bidang yang berhubungan dengan
lingkup tiketing, tour planning, tour guiding dan tour leader serta MICE.